Bismillah, alhamdulilah, akhirnya KK baru ku tinggal menunggu hari, tanggal 15 juli nanti diambil di Capil sutoyo. Namun, akan kucoba datang lagi, di tanggal 11/12 juli, siapa tau tu KK udah nongol duluan, jadi pas tuan besar alias suami datang, tinggal diangkut ke kantor camat untuk ngurus buat KTP. Hehehehe
Nah, aku pengen cerita, ternyata membuat KK baru gak sesulit yang kita bayangkan. Untuk tu aku mau berbagi pengalaman sehingga sobat gak perlu bolak balik untuk fotokopi dll, minimal, dengan share ku ini, untuk sobat yang tinggal di Pontianak, bisa 1 hari ( sekitar 4 jam) udah kelar semua urusan dari rt ampe ke capil dan tinggal nungguin KK nya nongol dari capil.
Dan yang ngurus KK, bisa suami atau istri. Untuk urusan ttd, istri punya kuasa, so...tenang aja sobat. Untuk itu, yang musti di siapin itu: 1. Pulpen hitam ( kecil, tapi penng banget, selalu bawa kemana pun suapaya enak nulis sana sini) 2. Duit, bukan untuk nyogok, tapi urusannya kalo mau fotokopi, atau kena sanksi ( kaya aku hahahahha) 3. ama hp, siapa tau urusannya kudu nelpon sana sini. Jadi pastiin tu pulsa ada. Soalnya kalo nunggu pake sms an, kejadian kaya yang disampingku, untuk ngisi form nya aja sampai 1 jam, gara2 data kurang, n minta info pake sms jadi lama nunggu nya.
Nah syarat PENTING nya tu :
1. Surat pindah dari suami( berhubung suami kk n ktp dulu blora, jadi mau pindah ke pontianak). Surat pindahnya itu lengkap dan harus di buat di tempat tinggal nya( sesuai kk dan ktp) dulu, mis. Suami ku kan di blora, jadi yang ngeluarin suranya kudu dai sana. So, suami kita musti ngurus sendiri kesana. Sayangnya, tu surat dah kadaluarsa, udah lebih dari setaon, tapi disimpen aja dilemari ku, baru kemaren nyadar, tu surat kudu dipakai biar sgra punya KK baru.
2. Surat pengantar dari pak RT, didalam kasus ini, wakil RT ( trims pak Pri, udah bantuin buat surat pengantar nya dan ngetik secepat ferrari). Jadi disurat itu, kita dapat 2 buah pengantar. Satu atas namaku dan satu atas nama suami ku. Oh ya syarat bisa dapat pengantar, sobat musti bawa kk asli( kk ortu sobat) dan fotokopinya disiapin 5-6 buah. Ntar foto kopi kk diambil satu ama pak rt.
3. Punya fotokopi dan dibawa juga surat/ buku nikah, nah yang ini,kita buat 3 rangkap, utk lurah, camat, n capil. Yang difotokopi buku nikah suami aja.
Sepertinya syaratnya sudah lengkap, so lets started.... Pk 09.30-14.30
1. Setelah dapat surat pengantar, aku langsung ke rumah pak RT minta tanda tangan
2. Selanjutnya ke tempat fotokopi lagi untuk fotokopi surat pengantarnya @ 3 rangkap.
3. Langsung cabut ke kantor lurah, disini aku di kel. Sui, beliung. Langsung ke loket pelayanan, antri, dan bilang sama petugas loket mau buat KK baru.
Beliau kemudian meminta berkas kita, berupa surat pindah suami,surat pengantar+ fotokopinya masing2 2 buah,fotokopi KK ortu 1 buah dan KK ortu asli, beliau mau mengecek kesamaan data dan keasliannya.
Ntar beliau kasih kita formulir ada 2 buah, namanya f-1-08 dan f-1.01. Petugasnya akan mengajarkan cara mengisi formulir. Setelah itu, kita segera mengisi form dengan pulpen hitam. Setelah selesai, lihatkan ke petugas, jika sudah lengkap, beliau akan meminta fotokopi surat/buku nikah 1rangkap, dan kemudian meberikan kita berkas yang akan di masukkan ke kantor camat utk di tandatangani. Urusan di kelurahan selesai, kemudian....
4. Selanjutnya ke kantor camat, langsung ke loket pelayanan, kasihkan berkas dan fotokopi surat nikah 1 rangkap, lalu tunggu aja, tak lama, petugas loketnya akan memberikan kita berkas yang telah ditandatangani dan siap dibawa ke kantor camat.
TIPS : supaya cepet, setiap ketemu ama petugas loket, selalu lah tersenyum dan bertutur kata lembut. Dan pujilah dengan tulus. Ingat gaya berpikir positif. InsyaAllah semua dipermudah. Aku bilangke petugas loket camat, bahwa sistem pelayanan skr sudah cepat dan gak bertele-tele, dan secara tak langsung, beliau ter afirmasi.
Nah, aku jadi dapat cepet tanda tangan, cuma sekitar 5 menit,Udah selesai. padahal jam 11.50, biasanya udah gak dilayani karena istirahat, tapi Allah menolong.
5. Nah, biar dilancarkan, aku pulang dulu untu zuhur, trus mau deket jam 1, baru cabut ke kantor capil( kantor terpadu) sutoyo, langsung ke capil nya( sayap kanan di lantai dasar), menuju ke loket satu, trus antri. Yang wakt itu petugasnya namanaya pak Joko, beliau dengan senyumnya melayani dan segera mengecek berkas saya.
Nah....ternyata surat indah udah kadaluarsa, makanya kena sanksi 100.000, karena masa waktunya sudah lebih dai 3 bula, gak papa pkirku, siapa lagi mau ngurus ke Blora. Oke, setelah itu diminta utk fotokopi lembar F-1.01kecil 1 rangkap( mendingan fotokopi sebelum ke kantor camat, jd lbh cepat). Trus diminta utk membayar ke loket. Oh ya, utk kasus ini, ternyata lebar F-01.1 ku masih lom lengkap, karena ada kode2 yang belum kutulis, soalnya gak ada petunjuk yang lengkap di lurah, jadi dengan bantuan pak joko, langsung beliau mengisi sambil menanyai kita.
6. Ke loket pembayaran, segera masukin berkas tado ke loket, nah ini yang agak lama, sekitar 15 menit kita menunggu, karena bukti pembayaran ternyata diketik satu persatu, petugas loketnya cuma 2, tapi yang antri banyak. Ditambah lagi gak ada pengeras suara, sehingga orang pada nangkring di jendela loket, takut gak kedengaran saat namanya dipanggil.
Akhirnya setelah nama dipanggil, kita membayar, dan semua berkas kita tadi di simpan dengan petugas loket pembayaran. Kita diberi bukipembayaran dan tanggal kapan kita bisa mengamil kk yang sudahjadi. Dan aku lihat, 15/7-2013. Kita gak bisa minta cepat, karena mereka bilang pakai sistem. Oke....akhirnya dengan senyum dan mengucap hamdalah, aku bisa ngurus kk selama 4-5 jam dan gak perlu pake calo karena mudah.....asal kita cekatan dan berkas lengkap.
So...kenapa musti pakai calo, kalo kita bisa ngurus sendiri, gak lama kok. Yang penting pengalaman dan kita jadi lebih mandiri.
"Ingat birokrasi bukan diakali, tapi dihadapi". Selamat membuat KK....
Nah, aku pengen cerita, ternyata membuat KK baru gak sesulit yang kita bayangkan. Untuk tu aku mau berbagi pengalaman sehingga sobat gak perlu bolak balik untuk fotokopi dll, minimal, dengan share ku ini, untuk sobat yang tinggal di Pontianak, bisa 1 hari ( sekitar 4 jam) udah kelar semua urusan dari rt ampe ke capil dan tinggal nungguin KK nya nongol dari capil.
Dan yang ngurus KK, bisa suami atau istri. Untuk urusan ttd, istri punya kuasa, so...tenang aja sobat. Untuk itu, yang musti di siapin itu: 1. Pulpen hitam ( kecil, tapi penng banget, selalu bawa kemana pun suapaya enak nulis sana sini) 2. Duit, bukan untuk nyogok, tapi urusannya kalo mau fotokopi, atau kena sanksi ( kaya aku hahahahha) 3. ama hp, siapa tau urusannya kudu nelpon sana sini. Jadi pastiin tu pulsa ada. Soalnya kalo nunggu pake sms an, kejadian kaya yang disampingku, untuk ngisi form nya aja sampai 1 jam, gara2 data kurang, n minta info pake sms jadi lama nunggu nya.
Nah syarat PENTING nya tu :
1. Surat pindah dari suami( berhubung suami kk n ktp dulu blora, jadi mau pindah ke pontianak). Surat pindahnya itu lengkap dan harus di buat di tempat tinggal nya( sesuai kk dan ktp) dulu, mis. Suami ku kan di blora, jadi yang ngeluarin suranya kudu dai sana. So, suami kita musti ngurus sendiri kesana. Sayangnya, tu surat dah kadaluarsa, udah lebih dari setaon, tapi disimpen aja dilemari ku, baru kemaren nyadar, tu surat kudu dipakai biar sgra punya KK baru.
2. Surat pengantar dari pak RT, didalam kasus ini, wakil RT ( trims pak Pri, udah bantuin buat surat pengantar nya dan ngetik secepat ferrari). Jadi disurat itu, kita dapat 2 buah pengantar. Satu atas namaku dan satu atas nama suami ku. Oh ya syarat bisa dapat pengantar, sobat musti bawa kk asli( kk ortu sobat) dan fotokopinya disiapin 5-6 buah. Ntar foto kopi kk diambil satu ama pak rt.
3. Punya fotokopi dan dibawa juga surat/ buku nikah, nah yang ini,kita buat 3 rangkap, utk lurah, camat, n capil. Yang difotokopi buku nikah suami aja.
Sepertinya syaratnya sudah lengkap, so lets started.... Pk 09.30-14.30
1. Setelah dapat surat pengantar, aku langsung ke rumah pak RT minta tanda tangan
2. Selanjutnya ke tempat fotokopi lagi untuk fotokopi surat pengantarnya @ 3 rangkap.
3. Langsung cabut ke kantor lurah, disini aku di kel. Sui, beliung. Langsung ke loket pelayanan, antri, dan bilang sama petugas loket mau buat KK baru.
Beliau kemudian meminta berkas kita, berupa surat pindah suami,surat pengantar+ fotokopinya masing2 2 buah,fotokopi KK ortu 1 buah dan KK ortu asli, beliau mau mengecek kesamaan data dan keasliannya.
Ntar beliau kasih kita formulir ada 2 buah, namanya f-1-08 dan f-1.01. Petugasnya akan mengajarkan cara mengisi formulir. Setelah itu, kita segera mengisi form dengan pulpen hitam. Setelah selesai, lihatkan ke petugas, jika sudah lengkap, beliau akan meminta fotokopi surat/buku nikah 1rangkap, dan kemudian meberikan kita berkas yang akan di masukkan ke kantor camat utk di tandatangani. Urusan di kelurahan selesai, kemudian....
4. Selanjutnya ke kantor camat, langsung ke loket pelayanan, kasihkan berkas dan fotokopi surat nikah 1 rangkap, lalu tunggu aja, tak lama, petugas loketnya akan memberikan kita berkas yang telah ditandatangani dan siap dibawa ke kantor camat.
TIPS : supaya cepet, setiap ketemu ama petugas loket, selalu lah tersenyum dan bertutur kata lembut. Dan pujilah dengan tulus. Ingat gaya berpikir positif. InsyaAllah semua dipermudah. Aku bilangke petugas loket camat, bahwa sistem pelayanan skr sudah cepat dan gak bertele-tele, dan secara tak langsung, beliau ter afirmasi.
Nah, aku jadi dapat cepet tanda tangan, cuma sekitar 5 menit,Udah selesai. padahal jam 11.50, biasanya udah gak dilayani karena istirahat, tapi Allah menolong.
5. Nah, biar dilancarkan, aku pulang dulu untu zuhur, trus mau deket jam 1, baru cabut ke kantor capil( kantor terpadu) sutoyo, langsung ke capil nya( sayap kanan di lantai dasar), menuju ke loket satu, trus antri. Yang wakt itu petugasnya namanaya pak Joko, beliau dengan senyumnya melayani dan segera mengecek berkas saya.
Nah....ternyata surat indah udah kadaluarsa, makanya kena sanksi 100.000, karena masa waktunya sudah lebih dai 3 bula, gak papa pkirku, siapa lagi mau ngurus ke Blora. Oke, setelah itu diminta utk fotokopi lembar F-1.01kecil 1 rangkap( mendingan fotokopi sebelum ke kantor camat, jd lbh cepat). Trus diminta utk membayar ke loket. Oh ya, utk kasus ini, ternyata lebar F-01.1 ku masih lom lengkap, karena ada kode2 yang belum kutulis, soalnya gak ada petunjuk yang lengkap di lurah, jadi dengan bantuan pak joko, langsung beliau mengisi sambil menanyai kita.
6. Ke loket pembayaran, segera masukin berkas tado ke loket, nah ini yang agak lama, sekitar 15 menit kita menunggu, karena bukti pembayaran ternyata diketik satu persatu, petugas loketnya cuma 2, tapi yang antri banyak. Ditambah lagi gak ada pengeras suara, sehingga orang pada nangkring di jendela loket, takut gak kedengaran saat namanya dipanggil.
Akhirnya setelah nama dipanggil, kita membayar, dan semua berkas kita tadi di simpan dengan petugas loket pembayaran. Kita diberi bukipembayaran dan tanggal kapan kita bisa mengamil kk yang sudahjadi. Dan aku lihat, 15/7-2013. Kita gak bisa minta cepat, karena mereka bilang pakai sistem. Oke....akhirnya dengan senyum dan mengucap hamdalah, aku bisa ngurus kk selama 4-5 jam dan gak perlu pake calo karena mudah.....asal kita cekatan dan berkas lengkap.
So...kenapa musti pakai calo, kalo kita bisa ngurus sendiri, gak lama kok. Yang penting pengalaman dan kita jadi lebih mandiri.
"Ingat birokrasi bukan diakali, tapi dihadapi". Selamat membuat KK....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar